Aceh Ramadhan Festival Remi DiBuka, Kepala Dinas Pariwisata sebut sebagai Ajang Promosi Wisata Banda Aceh

Banda Aceh –Kepala Dinas Banda Aceh (Said Fauzan) menghadiri pembukaan Aceh Ramadhan Festival 2024 yang dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat (29/3/2024).

Festival yang digelar berkat koloborasi Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan juga Pemko Banda Aceh lewat Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh tersebut dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah Aceh Azwardi mewakili Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah.

Aceh Ramadhan Festival telah masuk ke dalam Top 110 Event Daerah Terbaik Nasional versi Kemenparekraf RI dan mencatatkan namanya dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Said Fauzan mengungkapkan Alhamdulillah kita bersyukur kegiatan Aceh Ramadhan Festival dari tgl 28 s/d 1 April di gelar di Banda Aceh tepat di area Masjid Raya Baiturrahman. Event ini merupakan salah satu Kalender Event Nasional Kemenparekraf dan merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf, Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kota Banda Aceh.

Beragam rangkaian kegiatan telah disiapkan agar makin menguatkan ciri khas suasana Ramadhan di Aceh. Pengunjung bisa mencicipi ragam takjil dan ngabuburit dengan nuansa perkampungan lewat berbagai permainan tradisional.

Masih berdekatan dengan Kompleks Masjid Raya Baiturrahman, pengunjung juga bisa mengunjungi Sagoe Piasan Aceh di lapangan eks hotel Aceh, yang merupakan rangkaian tak terpisahkan dari penyelenggaraan Aceh Ramadhan Festival 2024.

Beragam tampilan seni tradisi Aceh yang sarat nuansa Islami seperti nasyid, gambus, musik etnik religi, tarian tradisi dan hadrah akan menjadi hiburan yang mengiringi suasana berbuka puasa. Kolaborasi artis nasional Fadly “Padi” dengan seniman Aceh Bur’am dan Rabbani Wahed juga dijadwalkan akan menjadi penutup agenda Sagoe Piasan Aceh di hari terakhir pagelaran Aceh Ramadhan Festival.

Kepala Dinas Pariwisata Banda Aceh juga berharap Ramfest Ini menjadi momentum promosi wisata Aceh dan Banda aceh khususnya perihal wisata religi, kuliner dan khazanah budaya kita. emoga event2 seperti ini semakin banyak di tempat kita di dimasa yg akan datang, ungkapnya.

Festival Ramadhan 2024 menjadi momen istimewa bagi masyarakat Aceh untuk berkumpul, berbagi, dan merasakan kebersamaan di bulan suci ini. Festival ini juga menjadi ajang promosi budaya dan pariwisata Aceh kepada wisatawan domestik dan mancanegara.