Dinas Pariwisata Banda Aceh Mengikuti Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Nol Kilometer

Sejumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh baik PNS dan non PNS ikut memunguti sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 di Kilometer Nol Kota Banda Aceh, Minggu (3/3/2024).

Kadispar Banda Aceh melibatkan para PNS dan non PNS untuk hadir dalam acara HPSN di Nol Kilometer Banda Aceh. Kegiatan ini adalah mengutip sampah di sekitaran pantai yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang bersih dan nyaman tanpa sampah.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh, Wahyudi, mengatakan, persoalan sampah harus menjadi perhatian utama. Menurut dia, penanganan dan pengelolaan sampah harus melibatkan seluruh komponen masyarakat, akademisi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), hingga dunia usaha.

Wahyudi mengatakan, HPSN 2024 mengangkat tema ‘Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif’ yang mencerminkan bahwa sampah plastik masih terus menjadi persoalan serius baik secara nasional maupun internasional.

Saat ini, ungkapnya, volume sampah terus meningkat di tempat pembuangan akhir (TPA) Kota Banda Aceh hingga mencapai 93.506 ton pada tahun 2023 lalu.

“Ini meningkat dibandingkan tahun 2022 yang hanya 90.174 ton. Untuk tahun 2023 ini rata-rata sampah yang masuk per hari 256 ton,” bebernya.

Oleh karena itu, Wahyudi berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dan mulai menggunakan barang-barang ramah lingkungan.