Pertemuan Ketua DPRK Banda Aceh dan Agam Inong didampingi oleh Dinas Pariwisata Banda Aceh

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengundang para Agam Inong Banda Aceh 2023 untuk ngobrol santai. Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Rapat DPRK, Senin (11/12/2023). 

Kehadiran Agam Inong Banda Aceh yang didampingi oleh Kadispar dan kabid promosi, disambut antusias dengan Ketua DPRK Banda Aceh. Farid Nyak Umar mendengar curhatan Agam Inong terkait berbagai aktifitas dalam mempromosikan Banda Aceh selama beberapa bulan terakhir. 

Farid ikut membahas potensi wisata dan ekonomi kreatif serta mengajak para muda mudi Banda Aceh untuk terus mendukung dan mempromosikan objek wisata yang ada di Kota Banda Aceh. Di samping itu Farid juga menampung aspirasi dan program Agan Inong dalam meningkatkan kreativitas mereka. 

Sementara Ketua Serikat Agam Inong Kota Banda Aceh Arianda Reza menceritakan progres kegiatan yang telah mereka lakukan. Reza juga menyampaikan kendala yang dihadapi pihaknya selama ini dalam menghimpun dan mengkolaborasikan kreativitas anak-anak muda di Kota Banda Aceh. Salah satunya belum adanya wadah untuk menampung berbagai kreativitas anak muda. “Selama ini kami belum memiliki sekretariat untuk berkumpul, sehingga belum optimal dalam memanfaatkan potensi Agam Inong yang multi talenta. Sebab harus berpindah-pindah tempat disaat bertemu. Kami berharap Ketua DPRK bisa membantu memfasilitasi,” kata Reza sapaan akrab Arianda Reza. 

Menganggapi hal tersebut Farid Nyak Umar menyampaikan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyediakan tempat bagi Agam Inong dan anak muda kota yang ingin mengembangkan kreatifitas dan kemampuannya. “Kita segera bicarakan dengan pemko agar ada wadah bagi pemuda kota untuk berkumpul. Karena idealnya Banda Aceh memiliki public space bagi anak-anak muda kreatif yang ingin mengekspresikan seni, budaya dan mengembangkan bakat di bidang apapun,” ujar Farid Nyak Umar. 

Sedangkan Inong Banda Aceh 2023 Gebrina Dimah Risky berharap agar Banda Aceh memiliki event khusus untuk meng-upgrade potensi dan bakat anak-anak muda dan juga meminta agar pemko bisa mensupport aktifitas pengabdian masyarakat yang selama ini dilakukan oleh Agam Inong.

Sedangkan Kadis Pariwisata Kota Banda Aceh, Said Fauzan mengatakan Agam Inong merupakan elemen penting yang berperan untuk promosi pariwisata. Dengan segala keterbatasan yang ada selama ini pemko sudah berusaha mendukung aktifitas anak muda khususnya di bidang pariwisata. “Aktifitas yang dilakukan duta wisata merupakan kegiatan sosial yang mendukung kemajuan pariwisata kota seperti event-event pertunjukan lokal dan nasional, mereka beraktifitas dari mereka untuk mereka dengan berbasis komunitas,” pungkas Said Fauzan.