Ayo! Meriahkan “Weng Itangen Wisata” Banda Aceh 18 Desember 2022

 

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Harian Serambi Indonesia akan menggelar event sepeda santai bertajuk “Weng Itangen Wisata”, pada Minggu, 18 Desember 2022.

Kegiatan yang dibuka untuk umum tersebut bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Banda Aceh. “Para peserta nantinya akan menempuh rute yang melewati berbagai destinasi wisata favorit di Banda Aceh,” kata Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, Selasa (13/12/2022).

Bakri Siddiq menyebut event wisata tersebut akan semakin menarik minat wisatawan. “Tentu dengan semakin banyak event di kota kita, maka akan semakin menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. Lewat ajang sepeda ini kita bisa berolahraga bareng sambil menikmati pesona Banda Aceh.”

Ia juga mengajak masyarakat untuk beramai-ramai memeriahkan “Weng Itangen Wisata” tersebut. “Jangan lupa nanti setiap berswafoto di tempat-tempat wisata, di-upload ke sosial media masing-masing agar semakin dikenal destinasi wisata Banda Aceh oleh khalayak, hingga mancanegara,” ujarnya.

Bakri Siddiq juga mengungkapkan dalam beberapa bulan terakhir, jumlah kunjungan wisatawan ke Banda Aceh terus bertambah. “Terhitung sejak Januari hingga Oktober 2022, sudah ada 260 ribu lebih wisatawan yang datang. Angka ini naik drastis dibanding periode yang sama tahun lalu.”

Tak lupa, ia mengajak seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan pelayanan kepada setiap tamu/wisatawan. “Budayakan kembali pesan indatu: Aceh Meutaloe Wareh Gaseh-Meugaseh Bila-Meubila. Mari berikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang datang ke kota kita,” ujarnya.

Sementara Kadispar Banda Aceh Said Fauzan, mengatakan, setelah dilepas secara resmi oleh pj wali kota di balai kota, para peserta gowes akan melewati Masjid Raya Baiturahman, Museum Tsnumani Aceh, PLTD Apung, pantai Uleu Lheue, dan sejumlah destinasi lainnya. “Sampai finish di titik nol Kota Banda Aceh,” katanya.

“Kepada para peserta, kita juga akan menyediakan beragam doorprize menarik senilai puluhan juta rupiah. Bagi yang berminat, silakan mendaftar langsung dengan membawa fotokopi KTP di Kantor Harian Serambi Indonesia. Jadwal pendaftaran 13-16 Desember 2022 di setiap jam kerja,” katanya lagi.

Said juga mengatakan, pihaknya sebagaimana arahan pj wali kota juga terus melakukan beragam langkah strategis penataan destinasi wisata, termasuk penyelenggaraaan event-event yang melibatkan banyak pihak.

Adapun beberapa penataan destinasi wisata yang sudah dilakukan pihaknya, antara lain revitalisasi track PLTD Apung, pedestrian dan menambah penerangan di kawasan pantai Uleu Lheu, pembenahan Taman Meuraxa, dan serta melakukan penataan kawasan wisata titik nol.

Lewat berbagai upaya yang telah dilakukan selama ini, Banda Aceh pun menorehkan prestasi nasional sektor pariwisata. “Salah satunya, ditetapkannya Ulee Lheue sebagai Desa wisata terbaik kedua kategori CHSE. Banda Aceh juga meraih juara pertama API Award kategori promosi digital baru-baru ini,” katanya.