Pantai Syiah Kuala Menjadi Lokasi Penanaman Pohon Gerakan Aceh Hijau

Dalam rangka menyemarakkan Kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77, Polda Aceh melakukan penanaman sebanyak 77 ribu pohon secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Aceh, Selasa (23/8/2022).

Di samping memeriahkan hari kemerdekaan, penanaman pohon secara serentak itu juga dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang asri dan nyaman.

Untuk Banda Aceh digagas oleh Polresta kota sendiri sebanyak 3.500 pohon jenis Ketapang dan Cemara ditanam di 20 lokasi berbeda.

Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq turut ikut menanam pohon secara simbolis bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh dan unsur Forkopimda serta siswa yang ada di Kota Banda Aceh.

Bakri menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan sosial dalam rangka HUT RI ke 77 tersebut. Ia pun mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Polda Provinsi Aceh Aceh itu.

“Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat. Baik bagi warga sekitar khususnya, dan Banda Aceh pada umumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto, mengatakan, penanaman 77 ribu secara serentak itu dilakukan untuk mewujudkan Aceh Hijau.

Ia mengatakan, bahwa untuk Polresta Banda Aceh akan menanam sebanyak 3.500 pohon di 20 lokasi berbeda yang dimulai di Pantai Syiah Kuala, Gampong Deah, Banda Aceh.

“Untuk kota Banda Aceh menanam 3.500 di Gampong Deah, Pantai Syiah Kuala, Banda Aceh. Lokasi ada 20 tempat,” kata Joko.

Lanjutnya, tujuan dari penanaman pohon itu sendiri untuk menciptakan lingkungan yang lebih asri dan untuk mencegah abrasi.

Selain itu, tumbuhan yang ditanam juga punya peran ekologis yang berperan besar dalam hidup manusia.

“Selain itu pada lingkungan punya manfaat bagi kehidupan, dan makhluk hidup. Mulai dari mencegah abrasi pantai dan sebagainya. Mari sama-sama menanam pohon agar dapat menjaga ekosistem dan lingkungan yang baik bagi anak-anak kelak,” pungkasnya.