Tiram Alue Naga Akan Diolah Jadi Kerupuk Tiram pada Pelatihan UMKM Kreatif

Tiram sebagai komoditi unggulan Kota Banda Aceh yang dibudidayakan di Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala akan diolah menjadi kerupuk tiram pada Pelatihan UMKM Kreatif: Pengolahan Tiram Menjadi Kerupuk Tiram.

Acara yang digagas oleh Rumah Sandiuno Indonesia (RSI), Gema Wira, OK OCE, dan Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) tersebut diikuti oleh 150 perajin UMKM se-Banda Aceh. Tampak tamu undangan yang hadir Anggota DPR-RI Illiza Sa’aduddin Djamal, Direktur Kuliner Kriya Desain dan Fesyen Yuke Sri Rahayu dan Direktur Event Daerah Kemenparekraf Reza Fahlevi, serta sejumlah pejabat lainnya.

Pj Wali Kota Banda Aceh, H. Bakri Siddiq, SE, M.Si mengucapkan terimakasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno atas dukungan penuhnya dalam pelatihan tersebut.

Bakri juga mengatakan kedatangan Menparekraf ke Kota Banda Aceh menjadi penyemangat kebangkitan ekonomi di Banda Aceh.

“Kehadiran Pak Menteri menjadi penyemangat kebangkitan ekonomi Banda Aceh,” katanya.

Kata Bakri, ekonomi kreatif termasuk pariwisata merupakan tulang punggung perekonomian kota. Untuk itu, pihaknya komit mengembangkan dunia UMKM dengan upaya peningkatan kualitas dan pemasarannya.

“Mohon bantuan dari Pak Menteri agar ekonomi Banda Aceh yang sempat terpukul akibat pandemi bisa pulih kembali,” katanya.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno mengingatkan gejolak maha dahsyat pasca pandemi Covid-19 yang mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi.

“Lapangan kerja susah, pengangguran meningkat. Solusinya mari kita membuka lapangan kerja dengan UMKM, salah satunya usaha kerupuk tiram seperti di Banda Aceh ini yang potensi pemasarannya begitu besar,” katanya.

Oleh sebab itu, pelatihan UMKM kreatif akan semakin digalakkan ke depan.

“Manfaatkan pula TIK, medsos, dan fasilitasi dari pemerintah. Kita juga sudah mencanangkan untuk berbelanja produk sendiri. Insyaallah, dengan kerja keras, cerdas, ikhlas, dan tuntas, target ekonomi dan terbukanya lapangan dapat tercapai,” katanya.