Gampong Ulee Lheue Dikunjungi Menteri Sandiaga Uno

Gampong Ulee Lheue Kecamatan Meuraxa dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dalam rangka penilaian desa wisata pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022, Kamis (04/08/2022).

Gampong Ulee Lheue satu-satunya desa di Provinsi Aceh yang termasuk dalam 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pada kunjungan tersebut, Menteri Sandiaga Uno bersama rombongan sampai di Masjid Baiturrahim disambut dengan tarian ranup lampuan oleh anak-anak Gampong Ulee Lheue untuk mengikuti presentasi yang dipaparkan oleh kepala desa dan pokdarwis di halaman masjid tersebut, kemudian melihat isi galeri tsunami dan bertemu dengan Delisa, lalu dari galeri Menparekraf melihat Masjid Baiturrahim yang merupakan cagar budaya dan saksi bisu tsunami 2004.

 

 

Dari Masjid Baiturrahim, Menparekraf bersama rombongan ikut melakukan tarek pukat di Pantai Cermin Ulee Lheue bersama dengan nelayan setempat. Kemudian menggunakan becak motor Menteri Sandiaga mengunjungi panglima laot dan Ulee Lheue Park untuk melihat hasil UMKM desa tersebut seperti kuliner, kriya dan fashion.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya mengatakan Gampong Ulee Lheue sangat kaya akan sejarahnya.

“Alhamdulillah ini Gampong Ulee Lheue sangat kaya akan sejarah terutama dikaitkan dengan tsunami dan wisata religi. Tadi kita merasakan sensasi pariwisata berbasis masyarakat,” katanya.

Sandiaga juga mengucapkan selamat kepada desa wisata Gampong Ulee Lheue yang telah berhasil menggabungkan antara wisata berbasis sejarah dan pariwisata berbasis alam dan budaya.

Sandiaga berharap agar semua dapat bersatu padu dalam menjadikan Gampong Ulee Lheue ini sebagai daya tarik unggulan sehingga banyak lapangan pekerjaan bisa tercipta.

“Saya harapkan kita semua bersatu padu untuk menjadikan Gampong Ulee Lheue ini sebagai daya tarik unggulan sehingga banyak lapangan pekerjaan bisa tercipta dan bisa menghapus kenangan berat yang dialami oleh gampong ini menjadi sebuah kebangkitan,” harapnya.

Pj Wali Kota Banda Aceh, H. Bakri Siddiq, SE, M.Si mengatakan kunjungan Menparekraf ke Kota Banda Aceh adalah suatu keberkahan dan manfaat bagi warga Kota Banda Aceh.

Oleh karena itu, Bakri meminta agar Menparekraf untuk terus mempromosikan wisata Kota Banda Aceh di tingkat nasional dan dunia.