Dispar Adakan Rapat Persiapan Penilaian ADWI 2022

Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh mengadakan rapat persiapan Gampong Ulee Lheue dalam mempersiapkan diri untuk penilaian 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, Kamis (14/07/2022) di Kantor Dispar.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, Said Fauzan, S.STP, MA melalui Kepala Bidang Promosi Dispar Banda Aceh, Triansyah Putra, SE, MM yang juga kerap disapa Boy mengatakan penilaian tersebut akan dilakukan pada tanggal 5-6 Agustus mendatang yang akan dinilai langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

“Kota Banda Aceh khususnya Gampong Ulee Lheue sangat antusia dalam mempersiapkan diri untuk penilaian 50 besar ADWI, rencana penilaian dan visit mulai tanggal 5-6 Agustus mendatang oleh mas menteri,” kata Boy.

Boy mengatakan, ada beberapa hal yang dipersiapkan untuk penilaian tersebut yaitu menyiapkan struktur perangkat desa, struktur kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Ulee Lheue, penggiat UMKM Ulee Lheue, menyiapkan homestay, souvenir, digital kreatif media sosial dan CHSE.

“Kita juga menyiapkan atraksi tarek pukat, ziarah kuburan massal, wisata air (boat wisata), bahan pemaparan pokdarwis, penanaman pohon bakau, penandatangan batu prasasti oleh menteri, menyiapkan toilet-toilet bersih pada semua destinasi wisata menjadi salah satu penilaian juga, kemudian kelembagaan, atraksi-atraksi komunitas bahari seperti jet ski, selancar dan transportasi di Ulee Lheue seperti sepeda ontel,” kata Boy.