Dispar Targetkan 500 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Kota Banda Aceh

Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh menargetkan pada tahun 2022 sebanyak 500 ribu wisatawan akan berkunjung ke Kota Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh Muhammad Ridha, S. STP, M.T, M. Sc melalui Kepala Bidang Promosi Dispar Banda Aceh Triansyah Putra, SE, MM saat mengisi program Dialog Lintas Kutaraja Pagi RRI Banda Aceh Pro 1 FM 97,7 MHz, Senin (20/06/2022).

Triansyah yang juga sering disapa Boy mengatakan untuk mencapai target tersebut Dispar Kota Banda Aceh sesuai arahan Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak MM memiliki beberapa strategi yang dijalankan.

“Strategi yang kami lakukan yaitu mempromosikan semua tempat wisata, kuliner dan even yang ada di Kota Banda Aceh melalui sosial media yang memang pengaruhnya sangat besar dan kita melakukan kegiatan seperti even skala besar diharapkan dapat mendatangkan wisatawan dari Aceh dan luar Aceh ke Kota Banda Aceh sehingga terjadinya perputaran perekonomian di Kota Banda Aceh,” kata Boy.

Boy menjelaskan, Kota Banda Aceh memiliki destinasi andal yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung seperti masjid Raya Baiturrahman, Kapal Apung, Museum Tsunami, Ulee Lheue dan lain-lain.

Juga, Dispar Banda Aceh terus berusaha membangun beberapa sarana dan prasana yang bagus di lokasi destinasi wisata seperti toilet, dermaga wisata, tugu I Love Banda Aceh sebagai landmark wisata baru serta merevitalisasikan destinasi-destinasi yang lama seperti Kapal Apung, Boat Di Atas Rumah dan Makam Syiah Kuala.

“Setiap destinasi wisata dan tempat Kuliner kita juga menerapkan peralatan CHSE serta prokes yang berguna untuk memberikan keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh,” katanya.

Tidak hanya itu, Boy menambahkan Kota Banda Aceh dengan tagline kulinernya yaitu enak, enak sekali dan wuenak sekali dapat memanjakan lidah wisatawan seperti Mie Aceh, Nasi Goreng, Kopi dan lain-lain.

Kedepan, kata Boy untuk menarik wisatawan juga akan melakukan beberapa even yang berskala nasional sehingga pihaknya positif dapat mencapai target wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Banda Aceh.

“Ada even yang sudah kita laksanakan yaitu Banda Aceh Trail Adventure berhasil mendatangkan 400 rider dari berbagai daerah sampai ke Sumatera Utara yang hadir kemari, kemudian pemilihan duta wisata Agam Inong Kota Banda Aceh tahun 2022, untuk bulan Agustus akan ada beberapa even nasional yang akan dilaksanakan di Kota Banda Aceh yaitu Aceh Culinary, ada pameran Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan kegiatan nasional, kemudian Anugerah Desa Wisata Indonesi dan Anugerah Pesona Indonesia yang Banda Aceh sebagai tuan rumah sehingga kegiatan ini diharapkan akan mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah ke Kota Banda Aceh,” katanya.

Dalam hal ini, Dispar Banda Aceh berharap dari Pemerintah Aceh agar dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dapat menabah kembali maskapai penerbangan untuk Aceh dan membuka kembali penebangan internasional di Bandara Sultan Iskandar Muda.