Doddy dan Niva Dinobatkan Sebagai Agam Inong Kota Banda Aceh Tahun 2022

Teuku Dodi Alfayeed dan Niva Adillah dinobatkan sebagai Agam Inong Kota Banda Aceh 2022. Keduanya terpilih menjadi Duta Wisata Kota Banda Aceh dalam ajang Pemilihan Agam Inong Banda Aceh 2022 yang diselenggarakan di Amel Convention Hall, Sabtu (11/06/2022) malam.

Wali Kota Banda Aceh. H. Aminullah Usman, SE. Ak MM mengapresiasi  para finalis Agam Inong Kota Banda Aceh Tahun 2022. “Kami sangat menyambut baik adik-adik duta wisata sekalian para pemuda-pemudi  yang memiliki  potensi baik dalam mengembangkan seni budaya dan pariwisata di Kota Banda Aceh baik di tingkat lokal,  nasional maupun internasional,” katanya.

Kata Aminullah, Kota Banda Aceh sebagai ibu kota pemerintah Aceh merupakan pintu gerbang masuknya wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Oleh karena itu, Aminullah berharap dengan lahirnya Agam Inong Kota Banda Aceh tahun 2022 ini akan menjadi penjual destinasi wisata Kota Banda Aceh untuk domestik dan mancanegara sehingga dapat mendongkrak wisatawan yang datang ke Kota banda Aceh.

“Kita punya Charming Kota Banda Aceh yang mempesona mulai dari Masjid Raya Baiturrahman, Kapal Apung yang tidak ada di dunia lain, Museum Tsunami, ada wisata religi, wisata kuliner yang bisa dipromosikan  oleh para duta wisata produk-produk kita ini untuk mancanegara dan domestik,” harap Aminullah.

 

 

 

Juga, Aminullah mengharapkan duta wisata  harus mampu mendongkrak kembali angka wisatawan yang datang ke Kota Banda Aceh sebelumnya sudah tinggi namun kembali turun karena pandemi Covid-19.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh Muhammad Ridha, S. STP, M.T, M. Sc  mengatakan event pemilihan Agam Inong Banda Aceh ini dirasa penting untuk terus digelar sebagai upaya promosi sekaligus serius melahirkan talen-talen  muda guna mempromosikan keunikan, keindahan alam, budaya, sejarah, kuliner serta hal-hal lainnya.

Sehingga,  dapat bersinergi dengan pemerintah untuk sama-sama mendukung mempromosikan brand pariwisata Charming Banda Aceh.

Kata Ridha, pemilihan Duta Wisata Kota Banda Aceh Tahun 2022 sudah dilakukan sejak bulan Februari yang lalu dengan berbagai macam tahap seleksi.

“Pemilihan Duta Wisata Kota Banda Aceh malam ini adalah yang kesebelas kalinya, sudah melewati berbagai tahap sejak bulan Februari dengan menerima 80 peserta pendaftar dari kalangan muda Banda Aceh. Beragam seleksi dilakukan yaitu seleksi berkas, tes tulis, pemahaman kebudayaan, wawancara, tes minat bakat sehingga terpilihlah 20 finalis agam inong,” kata Ridha.

 

Kepala Bidang Promosi Dispar Banda Aceh Triansyah Putra, SE, MM menambahkan 20 finalis tersebut sudah mengikuti karantina selama empat hari tiga malam yang dibekali dengan berbagai macam pengetahuan.

“Selama karantina mereka mengikuti berbagai macam materi seperti self branding, beuty class, kebudayaan dan city explore,” tutupnya.