Finalis Agam Inong Banda Aceh 2022 Tampilkan Bakat Minat

Banda Aceh-Finalis Agam Inong Kota Banda Aceh Tahun 2022 menampilkan Pertunjukan Bakat dan Minat di Gedung ITLC Blang Padang, Minggu (29/05/2022).

Plt. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh Muhammad Ridha, S. STP, M.T, M. Sc mengatakan pertunjukan bakat dan minat ini dalam rangka mencari agam inong yang terbaik dari 20 finalis.

“Ini salah satu kegiatan dalam rangka untuk mencari yang terbaik dari 10 pasang finalis ataupun 20 orang yang sudah kita pilih menjadi finalis, 10 dari agam dan 10 dari inong,” kata Ridha.

Kata Ridha, pertunjukan bakat ini sangat penting karena nantinya akan dijadikan sebagai salah satu profesi para finalis saat mempromosikan wisata, meskipun para finalis ini sudah punya keahlian dari sisi performance dan intelegensinya.

“Dari penampilan bakat ini kita akan melihat bagaimana mereka mengkombinasikan bakat mereka dengan melestarikan kebudayaan Aceh dan mempromosikan wisata,” katanya.

Kepala Bidang Promosi Dispar Banda Aceh Triansyah Putra, SE, MM yang kerap disapa Boy mengatakan pertunjukan bakat yang hari ini ditampilkan oleh para finalis sangat menarik dan unik seperti tarian, membaca puisi, musikalisasi puisi, pantomim dan bahkan memainkan alat musik yang jarang ditampilkan serta ada beberapa calon agam inong yang bisa bahasa asing selain bahasa inggris ini menjadi potensi yang patut dipertimbangkan.

Sebelumnya, kata Boy mereka telah menyelesaikan beberapa tahap sehingga sampai ke tahap ini dan akan dinobatkan pada bulan Juni mendatang.(Rid/Hz)