Banda Aceh Jadi Finalis AKI Tahun 2022

Kota Banda Aceh menjadi finalis pada ajang Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh Muhammad Ridha, S. STP, M.T, M. Sc, Kamis (21/04/2022) di Kantor Dispar Kota Banda Aceh.

Ridha mengatakan ada 27 pelaku ekonomi kreatif dari enam jenis industri yang menjadi finalis AKI 2022 dari Kota Banda Aceh.

“Alhamdulillah 27 pelaku ekonomi kreatif Kota Banda Aceh dari enam jenis industri menjadi finalis AKI 2022 yang telah bersaing dengan 6571 pelaku ekonomi kreatif di Indonesia yang mendaftar pada AKI tahun ini,” kata Ridha.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Kata Ridha, untuk finalis yang sudah terpilih nantinya akan mengikuti bootcamp yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-16 Mei 2022 di Kota Banda Aceh.

“Alhamdulillah Kota Banda Aceh juga terpilih menjadi kota tujuan kegiatan AKI 2022 oleh Kemenparekraf sehingga nantinya Banda Aceh akan ramai dikunjungi oleh wisatawan,” kata Ridha.

Ridha menjelaskan 27 finalis tersebut yaitu Bitata Food, PT.Citra Meulawi Puncak Gayo, Socolatte, Harvies Coffee, Garciafood, Pempek Nabil, Ulunowih Speciality Coffee From Gayo Farmer dan Madu Bang Unoe dari jenis industri kuliner.

Lalu ada Rambe.Co, Seenaleen, Seunong dan Publo yang terpilih dari jenis industri fesyen. Untuk jenis industri kriya ada The House Of Tengku Dicky, menday, Bruek Woyla Aceh Craft, Seken ART, Murafa Gemstone dan Taloe Jaroe. Jenis industri aplikasi ada Juang Jex dan Touristix. Kemudian, untuk jenis industri film ada Discover Aceh Official, Aga Production dan Asri Mandiri. Terakhir, jenis industri musik ada Oranghutan Squad, Soerkam Musik Indonesia, Miftahul Jannah Arif dan M Kodrat Maldini.(Rid/Hz)