PLTD Apung Dikunjungi Dubes India

Plt. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh Muhammad Ridha, S. STP, M.T, M. Sc, melalui Kepala Bidang Promosi Dispar Banda Aceh Triansyah Putra, SE, MM menerima kunjungan rombongan Duta Besar India untuk Indonesia di PLTD Apung Kota Banda Aceh, Sabtu (26/03/2022).

Kepala Bidang Promosi Dispar Banda Aceh Triansyah Putra, SE, MM mengatakan penyambutan kedatangan rombongan Dubes India untuk Indonesia tersebut sebagai konsep Peumulia Jamee yang dilestarikan agar para wisatawan merasa nyaman dan betah sehingga akan datang lagi ke Banda Aceh.

Triansyah Putra, yang kerap disapa Boy mengatakan Dubes India untuk Indonesia beserta rombongan tersebut sangat antusias mengunjungi situs PLTD Apung ini, antusias tersebut terlihat saat bercerita mengenai kondisi sebagian India yang juga dilanda tsunami saat itu.

“Dalam museum kita lihat foto-foto asli ketika PLTD Apung ini masih berada di Ulee Lheue sebelum tsunami dan video animasi tentang kronologi bagaimana kapal ini terseret sampai ke sini,” kata Boy.

Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj K. Bharti mengatakan situs PLTD Apung ini sebagai pengingat yang luar biasa akan kekuatan alam yang mampu memindahkan kapal dengan berat 600 MT ke daratan sejauh 5 Kilometer sehingga untuk berkunjung kesini sebagai pengalaman yang harus dirasakan sendiri.