Dispar bersama Walikota Lepas Talenta Muda Banda Aceh Tampil di TV Nasional

Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman S.E, A.K, M.M, melepas Nabila Taqiyyah seorang konten kreator asal Kota Banda Aceh yang viral hingga ke mancanegara di media sosial karena bakat menyanyinya. Nabila diundang oleh media Nasional di Jakarta sebagai narasumber yang akan berlangsung pada 18-19 Februari mendatang. Pelepasan yang yang didampingi Plt. Kadispar Kota Banda Aceh Muhammad Ridha, bersama Kabid Promosi Dispar Banda Aceh Triansyah Putra, dan Kabid Ekonomi Kreatif Mashuri, serta Kasi Promosi Dispar Banda Aceh Iin Muhaira Dispar Kota Banda Aceh ini berlangsung di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Rabu, 16 Februari 2022.
Dalam kesempatan itu,  Aminullah memberikan motivasi kepada Nabila agar terus memberikan yang terbaik dan terus berkarya agar hasil karyanya dapat dirterima di semua kalangan dan semua daerah baik Nasional hingga Internasional. Selain itu, ia juga meminta kepada Nabila agar dapat mengedukasi dan mempromosikan wisata halal yang ada di Banda Aceh terutama kulinernya yang dikenal dengan 3E yaitu enak, enak sekali, eeeennaaaak sekali. “ Kita akan terus mendukung milenial-milenial seperti nabila ini yang memiliki karya hingga diakui hingga ke mancanegara. Selamat kepada Nabila dan timnya semoga sukses dan terus berkarya,” ujarnya.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Periwisata (Kadispar) Banda Aceh Muhammad Ridha, mengatakan sangat berterimakasih kepada Wali Kota yang terus mendukung putra-putri daerah yang berbakat hingga ke tingkat Nasional. “Kita akan mensupport dan menfasilitasi Nabila dan timnya hingga ke Jakarta,” kata Muhammad Ridha.

Profil dan Viralnya Video Nabila Taqiyyah Nabila Taqiyyah atau yang kerap di kenal dengan panggilan Nabila, kelahiran Banda Aceh, 21 November 2005, anak pertama dari tujuh bersaudara dari pasangan Fachri Nugraha Sayhputra dan Nelli Maulidar. Remaja kreatif yang juga sebagai konten kreator itu adalah siswi SMA Negeri 3 Banda Aceh. Nabila mengaku sejak umur 5 tahun sudah tertarik dan suka bernyanyi, sehingga ia memutuskan untuk konsisten dan menekuni dunia musik sejak 2020 di Omee TV dan kanal youtubenya yang telah di subscribe oleh 631 ribu orang. Video Nabila Taqiyyah yang beredar di media sosial viral karena dirinya kerap menyanyikan lagu tentang kemanusiaan di hadapan pengunjung omee tv yang masuk dari berbagai negara salah satunya dari negara Israel dan kerap mendapatkan respon yang baik. Seorang tentara Israel menangis saat mendengar lagu We Will Not Go Down (Gaza) ciptaan Michael Heart dan lagu Atouna El Taufoule ciptaan (Remi Bandali) yang dinyanyikan oleh Nabila. Pada video tersebut setelah mendengakan Nabila bernyanyi, tentara tersebut mengatakan ‘Kamu membuat Aku menangis’ lalu tentara itu mengusap air matanya dan tentara itu melanjutkan ‘lagi,lagi,lagi!!! Aku pengen dengar’ dan dia ditanya oleh Nabila bagaimana menurutnya tentang lagu itu. Kemudian dia menjawab ‘aku gatau’ dan tentara Israel itu hanya memberikan apresiasi dengan menepuk-nepukkan tangannya. Seakan tidak puas dengan jawabnnya, pertanyaan lainnya kembali muncul dari Nabila yaitu apakah dia tau bagaimana maksud dari lagu itu, lalu tentara itu menjawab ‘ Nyanyi aja, aku gak peduli tentang lagunya. Aku Cuma mendengarkan, kamu melakukannya dengan baik. Terimaksih, kamu luar biasa, bangga padamu’. Selanjutnya Nabila kembali menjelaskan bahwa maksud lagu itu adalah tentang bebaskan Palestina, dia menjawab ‘Apa yang kamu percayai. Aku tentara, dan aku tentara Israel..aku tidak perduli apa yang kamu percayai tapi aku menghargainya, terus lanjutkan’ kemudian Nabila meminta kepada tentara Israel itu agar tetap bagikan perdamaian, dia pun menjawab ‘kita lakukan yang terbaik untuk semua orang di Gaza, hanya menjadi damai..aku sangat menghargainya’.

15:52
Di akhir percakapan mereka, tentara Israel itu meminta Nabila untuk menyanyikan kembali lagu We Will Not Go Down dan meminta izin kepada Nabila untuk merekam layar. Dan diakhir nyanyian syahdu Nabila, lagi-lagi tentara Israel itu tampak sangat menghayati lagu yang dinyanyikan Nabila sehingga kesedihan dari raut wajahnya tidak bisa di bendung. Nabila berharap, lagi-lagu yang dinyanyikannya diterima oleh semua kalangan dan di semua negara dan memberikan dampak yang positif bagi semua. Menurutnya, lagu yang dinyanyikan itu memiliki makna yang sangat mendalam, lagu tersebut bercerita tentang kekejaman tentara Israel kepada warga Gaza di Palestina yang masih berlangsung hingga saat ini. “Perasaan Nabila setelah menonton video itu sendiri jujur seneng dan gak nyangka aja sampe-sampe ngomong ke diri sendiri, ini beneran Nabila gak sih karena Nabila gak pernah berpikir kalau nabila bakal sampai bisa seperti ini karena Nabila kira kanal youtube Nabila tu gak bakalan berkembang sampai se viral ini. Initnya gak nyangka dan nabila sangat berterima kasih buat yang sudah mensupport Nabila sampai sekarang,” kata Nabila Taqiyyah.