Keren, Tiga Desa Wisata di Aceh Masuk 100 Besar ADWI 2021

Tiga desa wisata di Aceh masuk 100 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno melalui laman media sosial Kemenparekraf, Jumat, 20 Agustus 2021.

Ketiga desa wisata di Aceh yang lolos 100 besar ADWI 2021 yakni Desa Wisata Aneuk Laot (Kota Sabang), Desa Wisata Nusa (Kabupaten Aceh Besar) dan Desa Wisata Gampong Punge Blang Cut (Kota Banda Aceh).

Sebelumnya, Sandi telah mengumumkan 300 besar desa wisata ADWI 2021 dari seluruh Indonesia. Peserta ADWI 2021 dinilai oleh dewan kurator terhadap tujuh kategori penilaian, klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website jadesta.com.

“Selamat kepada 100 besar desa wisata ADWI 2021. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” ujar Sandi.

Sandi berharap kepada peserta yang belum lolos 100 besar desa wisata untuk terus meningkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam pengembangan desa wisata melalui laman jadesta.com.

“Platform jadesta.com akan dijadikan sebagai wadah dan arah dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia oleh Kemenparekraf sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional,” pungkasnya.