Dispar Dukung Penuh Gerakan “War on Drug”

Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh mendukung penuh gerakan “War On Drug” yang merupakan gerakan anti narkoba dari BNN. Hal ini diwujudkan dengan keikutsertaan Dispar Kota B. Aceh dala, kegiatan workshop penggiat anti narkoba di instansi pemerintah yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional Kota Banda Aceh untuk menindak lanjuti Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika di hotel Kyriad Muraya. Selasa (8/6/21).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BNN Kota Banda Aceh Hasnanda Putra, ST., MM., MT. Adapun peserta dari acara tersebut yaitu seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh Sebanyak 20 OPD. Adapun tindak lanjut dari kegiatan workshop ini adalah penginputan laporan didalam aplikasi Inpres nomor 2 tahun 2020 dengan timeline tanggal 25 juni s.d 10 juli 2021.

Hadir pada acara tersebut narasumber dari Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Drs. Muzakkir dengan materi “Peran Pemerintah Kota Banda Aceh dalam Pelaporan Aplikasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi P4GN”

Aksi generik/wajib RAN P4GN 2020-2024 yaitu penyediaan dan penyebaran informasi tentang pencegahan bahaya narkotika dan prekursor narkotika kepada pejabat negara, ASN, TNI, POLRI, dan masyarakat, pembentukan regulasi tentang P4GN di lingkup K/L/D (Kementerian /Lembaga/Daerah), tes urin kepada seluruh ASN di lingkup K/L/D dan taruna/taruni pendidikan kedinasan, pembentukan satgas/relawan anti narkotika dan Prekursor Narkotika dan pengembangan topik anti narkotika dan Prekursor Narkotika kedalam salah satu materi pada seluruh lembaga pendidikan dan pelatihan pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) dan Pendidikan kedinasan.

Diharapkan dengan terbentuknya Penggiat Anti Narkoba di lingkungan SKPD Kota Banda Aceh akan mempercepat terciptanya lingkungan kerja yang bersih narkoba.