Aminullah Ajak Peserta Pra Kongres JKPI City Tour B. Aceh

Dalam rangkaian acara Pra kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke V 2021, Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman S.E,. A.k,. M.M mengajak seluruh peserta pra kongres untuk city tour ke beberapa destinasi wisata di kota B. Aceh. Event ini menjadi kesempatan bagi Aminullah mempromosikan wisata Banda Aceh secara lebih luas ke seluruh nusantara.

Destinasi pertama yang dituju adalah Museum Rumoh Aceh. Selain para kepala daerah, city tur ini diikuti juga oleh Direktur Eksekutif JKPI, Nanang Asfarinal dan jajaran. Tiba di Museum Rumoh Aceh, rombongan disambut Tari Saman, tarian tradisional Aceh yang telah mendunia.

Kemudian Aminullah mengajak seluruh tamu memasuki Rumoh Aceh dan menjelaskan secara rinci destinasi yang memiliki sejarah panjang tersebut kepada seluruh peserta JKPI.
“Dari 28 s/d 31 Maret ini kita kedatangan tamu dari seluruh Indonesia karena mengikuti Pra Kongres JKPI. Ini kesempatan bagi kita memperkenalkan Kota Banda Aceh. Karena Banda Aceh ini termasuk salah-satu kota pusaka di Indonesia, dan juga sudah diputuskan oleh JKPI sebagai ibukota budaya di Indonesia,” ungkap Aminullah.

Selain Museum Rumoh Aceh, wali kota juga mengajak para tamu tersebut ke destinasi lain, yakni ke Museum Tsunami, PLTD Apung, Ulee Lheue, ke Kantor Dekranasda hingga ke Masjid Baiturrahman.

Bukan hanya sekedar menyambangi situs situs wisata, para tamu itu juga disuguhkan kuliner Aceh yang dikenal memiliki cita rasa tinggi dan juga menyeruput kopi.
“Kita harap nanti akan menjadi buah cerita para tamu kita kepada keluarganya, teman kantor dan saudara-saudara mereka di daerah asal akan kelebihan Banda Aceh sehingga menggugah mereka untuk datang berwisata ke kota ini,” tambahnya.

Dengan banyak dikunjungi, perekonomian masyarakat Banda Aceh akan meningkat karena banyak uang dari daerah lain yang dibelanjakan di ibukota Provinsi Aceh ini.
“Mereka pasti bawa uang, belanjakan uangnya untuk makan, minum, untuk jasa penginapan, transportasi hingga membeli souvenir dari pelaku UMKM kita,” tutup Aminullah.[]